Usaha Kecil Menengah Kelebihan Dan Keunggulanya

April 29th, 2013

 

Ketika krisis membuat gulung tikar hampir semua bidang bisnis, justru mereka yang bergerak di sektor usaha kecil menengah tetap bisa tersenyum lega. Pasalnya, usaha kecil menengah ternyata mampu bertahan di tengah terjangan badai krisis yang terus mendera. Walhasil, usaha kecil menengah akhirnya menjadi primadona pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Sebenarnya apa yang dimaksud usaha kecil menengah atau yang dikenal pula dengan istilah UKM? Usaha kecil menengah atau UKM sebenarnya merupakan bentuk usaha masyarakat yang didirikan atas inisiatif pribadi. Selama ini ada beberapa jenis bidang usaha yang dikembangkan oleh UKM agar bisa menghasilkan keuntungan. Bidang usaha tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Manufaktur
Yakni jenis usaha yang merubah bahan dasar menjadi suatu produk yang siap dipasarkan. Misalnya konveksi, souvenir, furnitur, dll.

2. Perdagangan
Yakni bentuk usaha yang menjual suatu produk kepada konsumen. Misalnya makanan, minuman, aneka jajanan, dll.

3. Jasa
Yakni bentuk usaha yang menghasilkan jasa. Misalnya warnet, jasa pengiriman logistik, dll.

Meskipun UKM sudah diakui memiliki keunggulan karena mampu bertahan menghadapi krisis, bukan berarti bentuk usaha ini tidak memiliki kelemahan. Sejumlah kelemahan yang sering kali menimpa UKM seperti masalah pemasaran, keterbatasan modal, keterbatasan SDM, keterbatasan bahan baku, dan keterbatasan teknologi.

Terlepas dari keunggulan dan kelemahan UKM, UKM tetap berkontribusi besar bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sebab saat ini UKM mampu menyerap sekitar 88,7% angkatan kerja per tahunnya.